February 6, 2012

INTERVIEW : Bvrtan - Trve, Grim, Kvlt, Vn-Gay Svkatani Blak Metal




Bvrtan - Trve, Grim, Kvlt, Vn-Gay Svkatani Blak Metal yang menaruh perhatian terhadap kaum buruh & krisis identitas para kaum muda saat ini, simak interview kami dengan Pak Kades dari Bvrtan.
Catatan; “v” dibaca “u” (kami pun mendadak jadi “v” dalam interview ini)

IntoTheTvnnel: Apa Kabar Panen Hari ini pak?
Pak Kades : Maaf terlambat sekali balasnya. Kabar panen masih belvm jelas,,,, karena saat ini saya setiap hari selama 10 bvlan ini hanya menyangkvlt trvs tanpa mengerti kapan harvs menabvr benih. Dikarenakan bvat beli bibit dan pvpvk masih belvm mampv. Jadi saat ini yang kami pikirkan hanya bagaimana caranya bisa makan bvat esok hari beserta kelvarga.
Oh iya sampai interview ini saya balas saya mendapatkan info bahwa harga pvpvk dan bibit semakin meningkat. Nah tervs dengan sitvasi seperti ini kapan para kavm bvrvh tani bisa menabvng?

IntoTheTvnnel: Gimana Kabar kelvarga Bvrtan ? sehat-sehat semva?
Pak Kades : Kabar Bvrtan masih sehat2 saja dan hanya cvkvp prihatin melihat kehidvpan yg ada saat ini dan kami tidak bisa berbvat banyak vntvk menolong dan memberi solvsi pada sikon yang ada semoga para pejabat cepat sadar dan terbvka hatinya demi mengentaskan kavm fakir miskin nan jelata di negeri ini.
Apalagi saat ini masing2 member Bvrtan pada sibvk mencari nafkah demi sang istr dan si bvah hati.

IntoTheTvnnel: Soal Gendervwo Indo-Norway itv pak, masih bergentayangan gak nih?
Pak Kades : Svnggvh bahagia karena semenjak berdirinya Bvrtan, Sang Gendervwo tetap merasvki jiwa kami ini, sehingga masih bisa tervs berkarya walav dengan hanya pas-pasan dan ala kadarnya sajian dari Band pedesaan tertinggal dan mengenaskan ini.

IntoTheTvnnel: Awal cerita terbentvknya Bvrtan gmana tvh pak?
Pak Kades : Bvrtan adalah ide dari Kvli Arit, dialah yang membvat semva konsep mvsik Bvrtan ini. Kebetvlan saya bertandang ke rvmahnya di daerah Svkatani, lantas disodorin lagv2 yang berisi mvsik Bvrtan. Tervs disaat itv tiba2 entah kenapa saya kesvrvpan dan akhirnya menvlis lirik dan langsvng take vocal bvat EP 1 (Pemvja Sawah Tebv) dan semva itv berjalan dengan sendirinya tanpa banyak berpikir panjang, dikarenakan semva berjalan seperti di bawah alam sadar. Seingat saya dalam 1 jam bisa menvlis 4 lagv termasvk take vocalnya. Vgh…!!!!!  

IntoTheTvnnel: Kenapa sampe ngasih namanya Bvrtan? ngga Tanbvr?
Pak Kades : Bvrtan = Bvrvh Tani… nama yg ciptakan oleh Kvli Arit jg. Entah kenapa jvga mvngkin Kvli Arit kesvrvpan sama Gendervwo sebelah rvmah yang kebetvlan adalah kebon kosong. Dan memang nama ini jvga sreg bvat kami bertiga. Nama ini semakin hari semakin merasvk ke jiwa kami. Karena entah kenapa kami bertiga bisa lelvasa dan nyaman vntvk berkarya trvs dengan misi2 yang kata orang agak berbav ke kiri-kirian. Ya gak javh dari penindasan kavm pejabat biadab terhadap rakyat jelata. Apalagi sikon saat ini di Pemerintah RI yang semakinhari semakin tidak ada kejelasan. Sehingga keaadan seperti itv yang mebvat kami trvs terinspirasi dalam berkarya. Tapi tetep tema yang kita ambil masih sepvtaran Agrikvltvral. Kenapa? Ya kalav kita lihat Negara RI ini berpotensi sekali akan hasil lavt dan bvmi. Dan saya akvi sebenarnya Negara RI itv ibarat Svrga kok, semva kekayaan alam ada disini semva. Tapi karena vlah pejabat biadab dan system yang selama pvlvhan tahvn gak pernah beres-beres ya akhirnya kita sebagai rakyat terkecil yang pasti semakin terpvrvk. Ini fakta lho yang kaya semakin kaya yang miskin semakin menangis.

IntoTheTvnnel: Masing-masing personil pvnya kesibvkan apa selain ngrvmpi di Bvrtan ini?
Pak Kades : saya sendiri adalah seorang bvrvh bangvnan alias kvli proyek klo bahasa asingnya Vnskill Job, maklvm SDM kita hanya kavm level paling bawah di tatanan pemerintahan RI ini. Klav kvli arit kesibvkan tiap hari mencari nafkah demi kelangsvngan hidvp kelvarga, istri beserta bvah hati. Merekalah penyemangat dalam hidvp keseharian. (hahaha nelongso banget yak!!!). Inilah berkat tanggvng jawab ke kelvarga membvat kita semakin semangat vntvk berkarya dan bekerja keras. Daripada kita mvsti cvrhat-cvrhatan di jejaring social lebih baik kita cvrahkan ke dalam bentvk karya. Kalav kita lihat memang miris sekali terhadap generasi mvda. Mereka masih belvm bisa menemvkan jaridiri. Coba tengok kehidvpan remaja negeri tetangga deh… masih javhlah kita.

IntoTheTvnnel: Hal-hal yang paling menginspirasi vntvk Bvrtan?
Pak Kades : Saya sebagai penvlis lirik otomatis tetep masih mengangkat tema tentang agrikvltvral, sosial ekonomi yang berkaitan dengan kehidvpan sehari2 kavm bvrvh. Ingin sekali mendirikan Negari sendiri dengan nama NEGERI SVKATANI MERDEKA. Karena sampai saat ini penderitaan yang kami alami tiada henti2nya walav svdah mervbah nasib dengan jalan apapvn… hehehehe karena toh Pemerintahan sekarang jvga gk pernah pedvli dengan keberadaan nasib kami. Kelakvan para pejabat menghiasi media tiap hari dengan hasil kebiadaban mereka. Apakah svdah benar itv svgvhan informasi yang bagvs bat rakyat?
Secara pribadi saya terinspirasi oleh penyanyi Titi DJ…. Hihihihkkkk
Media informasi yang sering membvat kita lebih mvdah vntvk mencari svmber informasi, tapi semva itv harvs kita analisa dvlv biar semva menjadi bahan karya yang akvrat dan TRVE.
Jadi sebisa mvngkin kita menyampaikan karya ini bisa menjadikan karya yang monvmnental, kadang walav jvdvl lagv2 Bvrtan tapi entah kenapa masih banyak orang yang ingat, dan kadang terkesan lvcv bagi mereka, itv hak mereka vntvk membaca dan mendengarkan. Dan vntvk pemahaman lirik2 Bvrtan perlv dipelajari lebih dalam, walav terkesan lvcv tapi sebenarnya berisi semacam Pesan tersembvnyi.

IntoTheTvnnel: Lagi seneng dengerin & baca apa nih akhir-akhir ini?
Pak Kades : Saya 3 bvlan terakhir lebih seneng mendengar omelan sama Mandor Biadab di proyek tempat saya bekerja,  biasa sang Mandor lah minta kerja cepet dengan gaji yang pas2an. Inilah Proyek Kegelapan yang bisa saya sebvt. Membaca yang lebih sering adalah Timeline di tweeter n FB aja, walavpvn kadang bosen jvga, tervtama banyak sekali para generasi mvda yang kehilangan krisis  identitas dan jati diri mereka.

IntoTheTvnnel: Pendapat Bvrtan soal pembantaian di Mesvji? sempet kepikiran bikin lagv tentang itv?
Pak Kades : Sempat kepikiran bagaimana kejamnya aparat2 pemerintah RI terhadap kavm jelata. Svnggvh keji dan biadab lah. Rakyat bawah selalv dalam svsvnan penindasan paling bawah. Padahal kan seharvsnya para pejabat itv mengemban amanah yang diberikan oleh rakyat. Tapi itvlah system tatanan pemerintah RI selama kvrvn waktv pvlvhan tahvn ini. Semvanya bervlang-vlang trvs tanpa seperti ada perbaikan. Siapapvn pemimpinnya.

IntoTheTvnnel: Tentang albvm barv Bvrtan "Savvah Penderitaan", albvm ini nyeritain apa?
Pak Kades : Masih berkvtat tentang jeritan petani kegelapan dari kavm Bvrvh Tani akan kebiadaban para tengkvlak, pejabat KVD Kegelapan dan semva bisa disimak dalam lirik2 di albvm ini.. hehehehe
Apalagi kalav kita simak isi lirik-liriknya, semva hanya pesan tersembvnyi. Semoga saja ada para pejabat khvsvsnya dari Diknas Pertanian sampai Menteri bisa menikamati lagv-lagv dari Bvrtan dan akhirnya pelan-pelan mereka tobat dan berbvat kembali saat mereka masih vsia balita, lvgv dan polosnya.

IntoTheTvnnel: Pesan-pesan yang ingin disampaikan Bvrtan kepada masyarakat lvas khvsvsnya para petani?
Pak Kades : Bvat kavm bvrvh tani khvsvsnya, syvkvrin saja hasil yang telah didapat, bekerja keras dan yang pasti harvs berani mervbah nasib demi kesejahteraan hidvp para anggota kelvarga, istri dan bvah hati. Masa depan harvs kita svsvn dari sekarang demi kemajvan anak cvcv.  Banyak-banyakin berdoa semoga cepet makmvr dan hindari kapitalisme yang berkedok Beringin Padi.

IntoTheTvnnel: Ada niat vntvk mengelvarkan merch "Pacvl Pvsaka" ?
Pak Kades :  Bvrtan sendiri sampai saat belvm pernah merilis merch, semva dilakvkan ole Tengkvlak Biadab selama ini dan kita svdah terikat kontrak sampai tetes darah penghabisa. Kita tervs terang gak ada modal bvat membvat merch sendiri dikarenakan kebvtvhan hidvp…hehehehe

IntoTheTvnnel: Gimana nasib Sartinem sekarang? svdah pvlang kampvng kah?
Pak Kades : Sartinem nasibnya gak akan bervbah, pvlang 1 datang 1000. Dan ini seperti lingkaran setan yang diciptakan oleh Sartinem2 itv sendiri dan Pemerintah RI. Coba seandainya pemerintah kita mav belajar dari Negara tetangga, vgh… pasti kita tidak bakalan mengalami keterpvrvkan yang berkepanjangan.

IntoTheTvnnel: Motto hidvp Bvrtan?
Pak Kades : Hormati Kedva Orang Tvamv Stay Trve Stay Vnyv

IntoTheTvnnel: Pendapat tentang blog IntoTheTvnnel ini?
Pak Kades : Blog barv yang cvkvp bagvs, semoga isinya bisa menyampaikan informasi2 yang bermanfaat bvat para pembacanya dan jayalah selalv.

IntoTheTvnnel: Terakhir, film horror favorit kalian apa aja
Pak Kades : Kita gak pernah nonton film horror, melihat kemiskinan dan kesengsaraan adalah sesvatv yang horror bagi kami. Mimpi-mimpi tentang masa depan yang lebih baik itv lebih horror sekali dan seram. Terimakasih atas diberinya kesempatan kepada kami vntvk ber cvrhat ria, semoga menjadi manfaat bagi semva. Stay Trve Stay Vnyv.

Terima kasih sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Pak Kades karena telah svdi melvangkan sedikit waktv vntuk meladeni interview kami. Jaya Terus Bvrtan! Stay Trve, Stay Vnyv.

WEBSITE:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...